Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Yan Wisnu, Dekan FK Undip yang Diberhentikan dari RS Kariadi

Profil Yan Wisnu, Dekan FK Undip yang diberhentikan dari RS Kariadi buntut masalah bullying PPDS.
Profil Yan Wisnu (kanan), Dekan Fakultas Universitas Diponegoro yang diberhentikan praktiknya di RS Kariadi/www.undip.ac.id
Profil Yan Wisnu (kanan), Dekan Fakultas Universitas Diponegoro yang diberhentikan praktiknya di RS Kariadi/www.undip.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Yan Wisnu diberhentikan sementara oleh RS Kariadi.

Pemberhentian tersebut menyangkut masalah perundungan atau bullying yang menyebabkan seorang dokter Program Studi Dokter Spesialis (PPDS) bunuh diri.

Masalah menangguhan praktik dokter Yan pun menuai pro dan kontra. Di mana Undip menilai bahwa RS telah merugikan banyak pihak, termasuk dokter residen lain hingga pasien.

Pemberhentian dokter Yan juga dinilai kurang tepat dan tergesa-gesa, lantaran proses investigasi masih berjalan hingga saat ini.

"Di dalam kasus PPDS, Undip sudah melakukan investigasi internal," kata
Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto di Semarang, Sabtu (1/9/24), menanggapi ditangguhkannya praktik dokter Yan Wisnu Prajoko di RSUP dr Kariadi Semarang.

Menurut dia, Undip terbuka dengan hasil investigasi dari pihak luar, baik kepolisian maupun Kementerian Kesehatan.

Bahkan jika memang terbukti ada perundungan maka hukuman untuk pelaku jelas dan tegas, yakni drop out alias dikeluarkan.

Sejumlah civitas akademika Undip pun turut memberikan dukungan untuk dokter Yan, setelah diberhentikan oleh RS Kariadi.

Profil Dokter Yan Wisnu

Yan Wisnu memiliki nama lengkap dan gelar Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes, Sp.B (K) Onk yang menjabat sebagai dokter mitra spesialis di RS Kariadi.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi tersebut merupakan lulusan pendidikan spesialis Bedah Onkologi di Universitas Diponegoro pada 2005.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya (M.Kes) di Universitas Padjajaran dan lulus pada 2007. Dirinya juga lulus menjadi Spesialis Bedah Onkologi di tahun yang sama.

Tak sampai situ, Yan Wisnu masih melanjutkan studinya untuk meraih gelar Doktor di Universitas Gadjah Mada. Ia pun lulus pada tahun 2013.

Dokter Yan Wisnu juga terdaftar di berbagai organisasi seperti Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PABOI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Di Undip, ia resmi menjabat sebagai Dekan FK untuk periode 2024-2029. Pelantikannya resmi dilakukan oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum pada 15 Januari 2024 di Gedung Prof. Sudarto S.H., Kampus Undip Tembalang.

Melansir dari fk.undip.ac.id, Yan Wisnu juga tercatat menjadi sekretaris senat Fakultas Kedokteran.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper